Quote

why linux so confusing?
because it`s free and you can do anything

Jumat, 14 Oktober 2011

Apakah ARP Spoofing itu?

Arp spoofing, yang di ketahui juga sebagai arp poisoning.

teknik ini biasanya di gunakan untuk menyerang LAN, dan penyerang dapat merubah data frame dalam LAN, atau memodifikasi trafic atau menghentikan trafic secara bersamaan. serangan ini hanya bisa di gunakan pada jaringan yang menggunakan ARP.



logika penyeranganya adalah seperti gambar diatas. Ketika sang korban sedang me-request data melalui gateway sang penyerang menjadi perantaranya. Dengan cara merubah MAC address milik penyerang menjadi gateway pada saat sang korban meminta data pada server, sang pelaku di sini merubah MAC address nya menjadi sama dengan gateway begitu pula sebaliknya.
Dalam hal ini pelaku sangat leluasa untuk melakukan perubahan data frame atau melakukan serangan Denial Of Service/membajiri jaringan sehingga koneksi sang korban terputus dan pelaku tetap terkoneksi ke dalam server/gateway.

Analoginya penyerangan ini sebenernya seperti kita mengirimkan paket menggunakan kurir. Ketika kita mengirimkan benda melalui kurir pasti kita membungkus benda tersebut sedemikian rupa nah hal ini yang kita sebut data frame. Kemudian kita serahkan kepada kurir, dalam jaringan bersih tanpa penyerang kurir adalah kabel. Sedangkan penyerang adalah salah satu kurir yang nakal, dia suka membongkar paket tersebut dan melihatnya, kurir tersebut merasa menjadi penerima barang dan kemudian di bungkus lagi olehnya dan saat pembungkusan bisa saja kurir tersebut merubah bungkusnya atau isinya.

Ketika barang tersebut menarik, diambilah oleh kurir tersebut maka barang tidak pernah sampai ke penerima. Ini lah yang di maksud dengan serangan denial of service, atau membajiri jaringan. Permisalah ARP spoofing adalah seperti ini.

tetapi ARP spoofing/ ARP poisoning juga tidak selalu untuk perbuatan jahat, terkadang diperlukan juga untuk melakukan pembatasan-pembatasan tertentu terhadap suatu jaringan atau suatu mesin.

Yah memang lebih banyak yang memakai teknik ini untuk kepentingan sendiri atau perbuatan iseng yang merugikan orang lain.

Setidaknya ketika kita ingin menggunakan teknologi kita perlu untuk mempelajarinya, atau mengetahui dasarnya. Jangan hanya keegoisan teknologi selalu di salah gunakan untuk perbuatan buruk.

mencoba bercerita dari sisi lain dengan berguling maka dapat terlihat sebuah sisi lain dari permaslahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar